Selamat datang Siskeudes 2018 Online

Selamat datang Siskeudes 2018 Online

 

Kudukeras bergerak, pada hari Rabu 14 Maret 2018 bertempat di BP DIKJUR TLOGOWUNGU telah  diadakan Bimtek Siskeudes Lanjutan gelombang 03 yang diikuti oleh Operator Siskeudes di ( 5 ) Kecamatan  diantaranya Kecamatan Juwana, Dukuhseti, Jakenan, Tlogowungu, Tayu.

Mewakili Desa Kudukeras Kecamatan Juwana hadir ( 1 ) satu orang Operator Siskeudes sesuai dengan undangan yang diamanahkan Kepala Desa Kudukeras kepadanya.

Pada acara Bintek kali ini di awali dengan sosialisasi tentang Pajak Restoran. Pengertian Pajak Restoran adalah Pajak yang disediakan oleh restoran, sedangkan restoran yang dimaksud disini adalah fasilitas penyedia makanan dan/atau minuman dengan dipungut bayaran, yang mencangkup juga rumah makan, kafetaria, kantin, warung, bar, dan sejenisnya termasuk jasa boga/catering. Sosialisasi kali ini lebih kepada pembahasan mengenai besaran/tarif pajak restoran, cara penghitungan pajak, masa pajak, saat terutang pajak, tata cara pembayaran pajak, serta tempat pembayaran pajak restoran.

Kegiatan berlanjut ke acara inti yaitu Bintek Siskeudes Lanjutan. Berbeda dengan Bintek-bintek Siskeudes sebelumnya yang praktek langsung cara/proses pengisian, kali ini karena sifatnya Lanjutan, materi yang diberikan lebih kepada pemaparan dan penyampaian menu baru yang ada di aplikasi Siskeudes serta sharing mengenai kendala permasalahan yang ada di desa berkenaan denga pengisian data dan solusi/cara mengatasi masalah yang terjadi di tahun lalu dan kemungkinan di tahun berjalan.

Meskipun Bintek kali ini agak terlambat dibandingkan tahun lalu dikarenakan kendala pembaharuan-pembaharuan sistem, namun Alhamdulillah Materi Bintek bisa dimengerti dan dipahami oleh semua peserta Bintek.

Harapannya, dengan adanya Bintek Siskeudes Lanjutan yang sifatnya berbeda dibandingkan tahun lalu (Offline) dan tahun ini 2018 Online serta penambahan menu yang ada di sitem akan mempermudah proses dalam penyusunan perencanaan dan pelaporan keuangan desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan