SAMBUT HANGAT PEMBANGUNAN TA. 2018 OPKOM SISKEUDES KEC.JUWANA GELAR RAKORSUS

JUWANA :  kamis 22 Maret 2018 Opkom Siskeudes se-Kecamatan Juwana yang berjumlah 29 desa menggelar rakor khusus di Rumah Makan Rindang Jl. Ngebruk Juwana – Jakenan Km. 1 Juwana. Rakor dilakukan guna membahas persiapan menghadapi tahun pembangunan 2018. Lilis susanti koordinator rakorsus menjelaskan bahwa rakor khusus tersebut membahas terkait isu dan kebutuhan desa dalam Menyusun perencanaan Pembangunan Desa 2018  sesuai dengan regulasi yang ada.

“ Memang acara tersebut sengaja kami adakan bersama dengan teman – teman opkom siskeudes desa lainya mengingat kami selaku perangkat desa sangat menbutuhkan materi – materi khusus dalam proses perencanaan agar terjadi kesamaan persepsi penyusunan perencanaan pembangunan antara satu desa dengan desa lainya.”

Dalam rakor tersebut hadir sebagai Narasumber utama yakni para Pendamping Desa dan pihak kecamatan Juwana. Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Juwana Sabar Halim dalam kesempatan tersebut menyampaiakan materi materi terkini yang sangat penting dibutuhkan desa dalam proses perencanaan pembangunan.

“ Ya harapan saya bersama teman- teman Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) dengan adanya rakorsus ini, semoga menjadi titik awal kemandirian desa dan tidak terjadi kesalahan dalam penganggaran, mengingat besarnya Dana yang diterima oleh desa tahun ini khususnya Dana Desa (DD) yang hampir mencapai 1 Milyar per desa bahkan sudah ada yang melebihi 1 milyar dan Kami bersama teman PD dan PLD dibawah P3MD Kabupaten Pati akan terus mendampingi desa sampai tahap pelaksanaan dan pertanggungjawaban tentunya sesuai dengan regulasi yang ada.”

Materi-materi yang disampaikan dalam rakor tersebut utamanya terkait dengan proses penganggaran di tahun 2018. Pengaggaran ditahun ini dimudahkan dengan adanya aplikasi Siskeudes online. Dalam proses penysunan RPD (Rencana Penggunaan Anggaran), belanja  mengacu pada menu Parameter yang ada dalam aplikasi tersebut dan harga jangan sampai melebihi indek harga dari kabupaten. Agar tidak terjadi kekeliruan dan mempermudah penyusunan Anggaran pendamping memberikan contoh penyusunan RPD di depan layar monitor, disamping itu penyampaian juknis ADD dan DD tahun 2018 juga menjadi hal yang utama untuk dibahas.

Selain materi penyusunan anggaran, Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) dari Dana Desa 2018  juga menjadi bahan perbincangan yang tidak kalah menarik mengingat Progam PKTD ini baru dicanangkan setelah adanya SKB 4 menteri akhir tahun 2017 kemarin. Penjelasan demi penjelasan disampikan terkait Juknis Padat Karya oleh PD kecamatan Juwana, ada beberapa sepahaman inti dalam rakor tersebut, diantaranya

  1. Pembayaran HOK untuk PKTD harus minimal mencapai 30% dari bidang pembangunan desa. Bagi desa yang telah menetapkan RKPDes sementara upah belum mencapai 30% maka harus dilakukan perubahan RKPDes disepakati dalam Musdes.
  2. Jumlah tenaga kerja mencakup Tenaga Kerja Ahli, Pembantu tenaga kerja ahli serta tenaga masyarakat desa setempat yang ditetapkan sebagai sasaran PKTD.
  3. Besaran upah dihitung berdasarkan batas bawah dan batas atas upah tenaga kerja adapun nilai batas atas dibawah upah minimum provinsi .
  4. Pemerintah desa akan segera membuka pendafataran tenaga kerja untuk PKTD dengan mengutamakan:
  • Keluarga Pra sejahtera dan sejahtera 1 dari BKKBN
  • Penganggur dan setengah penganggur
  • Keluarga yang memiliki balita buruk di desa.
  • Warga desa lainya jika belum terpenuhi.

5. Untuk pendataan tenaga kerja padat karya tunai akan dibantu PD dan PLD setempat.

Rakor yang berlangsung kurang lebih 5 jam itupun tak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan, dan partisipasi dari teman – teman Opkom, TPK, pihak kecamatan, PD, PLD. Acara ditutup oleh Koordinator dan berharap acara – acara semacam ini bisa ditingkatkan lagi, ada kerja sama yang baik antara desa dengan PD, PLD serta pihak kecamatan sehingga dalam menjalakan pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik, mandiri dan tentunya tidak terjadi kesalahan – kesalahan dikemudian hari.

 

 

 

 

 

 

http://kudukeras-juwana.desa.id/2018/03/22/sambut-hangat-pe…a-gelar-rakorsus/

SAMBUT HANGAT PEMBANGUNAN TA. 2018 OPKOM SISKEUDES KEC.JUWANA GELAR RAKORSUS

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan